Kamis, 26 Desember 2013

 “Spirulina” Bakteri Serba Guna
            Nama Spirulina berasal dari bahasa Latin yang berarti spiral kecil. Spirulina adalah mikroskopis yang berbentuk seperti sayuran spiral, mengandung fikosianin tinggi  sehingga warna cenderung hijau biru. Spirulina merupakan genus dari filum Cyanobacteria  yang diklasifikasikan sebagai bakteri, yang mengandung klorofil dan dapat bertindak sebagai organisme yang bisa melakukan fotosintesis untuk membuat makanan (Addis Ababa, 2009).
            Banyak genus dari Cyanobacteria yang berbahaya bagi manusia. Namun, Spirulina ini unik tidak hanya dalam bahwa mereka dapat dimakan, tetapi juga karena mereka memberikan banyak manfaat kesehatan .Meskipun dia bersel satu ukurannya mencapai 0,5 milimeter panjangnya, yang membuat beberapa sel Spirulina individual yang terlihat dengan mata telanjang. Spirulina dapat tumbuh dengan baik di danau, air tawar, air laut, dan media tanah. Spirulina juga memiliki kemampuan untuk tumbuh di media yang mempunyai alkalinitas tinggi, (pH8,5–11), dimana mikroorganisme lainnya tidak bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi ini. Suhu terendah untuk Spirulina platensis untuk hidup adalah 15oC, dan pertumbuhan yang optimal adalah 35-40oC (M.Christwardana,dkk, 2013).
            Spirulina adalah Gram - negatif, dengan dinding sel lunak yang terdiri dari gula kompleks dan protien. Bakteri ini juga mengandung karotenoid. Beberapa mengandung phycoythrin pigmen, memberikan bakteri warna merah atau pink. Spirulina juga memiliki vesikula gas, memberi mereka bouyancy di lingkungan perairan yang mereka huni. Spirulina bereproduksi dengan pembelahan biner (Addis Ababa, 2009).
            Spirulina merupakan bakteri yang dapat dimakan. Manusia juga memakan bakteri ini. Di Rusia, telah disetujui untuk mengobati gejala penyakit radiasi setelah Chernobyl, karena karotenoid yang dikandungnya menyerap radiasi. Bukti menunjukkan bahwa ia mampu menghentikan replikasi virus. Ini mencegah virus dari menembus dinding sel dan menginfeksi sel. Spirulina juga meningkatkan produksi sitokin. Manfaat ini berasal dari antioksidan hadir dalam organisme. Spirulina merupakan sumber yang sangat baik dari kedua protein dan zat besi, dan berguna dalam pengobatan anemia. Mereka juga dapat bertindak sebagai sumber makanan bagi flora usus seperti Lactobacillus dan Bifidus. Penelitian oleh Wang et. al. (2005) bahwa bakteri ini juga memperlambat kerusakan saraf dalam penuaan hewan, dan mencatat bahwa hal itu dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stroke. Studi juga menunjukkan bahwa Spirulina dapat mencegah pelepasan histamines, mengobati gejala alergi. Spriulina memiliki kegunaan nonmedis juga. Sebuah studi oleh Chen dan Pan (2005) menunjukkan bahwa bakteri dapat menghapus konsentrasi rendah timbal dari air limbah. Penelitian oleh da Costa dan de Franca ( 2003 ) menggambarkan bahwa Spirulina juga mampu menghilangkan kadmium dari lingkungannya (Anonim, 2010).
            Spirulina juga disebut sebagai “super green food” karena kandungan nutrisinya yang luar biasa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya berguna bagi manusia, spirulina juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan. Di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, Spirulina diteliti untuk dikembangkan ke laboratorium. Ada beberapa spesies Spirulina yang berbeda-beda, namun hanya beberapa yang diidentifikasi pada label produk komersial yang tersedia (Anonim, 2010). Spirulina sendiri merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap dibanding  nutrisi lainnya, dengan kandungan yang terdapat di dalamnya :
·         Beta-karoten: Anti oksidan alami untuk melawan kanker, sakit jantung, HIV, virus, bakteri, serta meningkatkan daya imun (pertahanan tubuh).
·         Vitamin B12:  Kandungan spirulina 25 kali lipat dari yang terdapat pada hati sapi. Vitamin B12 penting untuk menambah energi, pertumbuhan, fungsi syaraf, dan pembersihan internal
·         Kandungan vitamin E Spirulina 3 kali lebih kaya dari gandum
·         Spirulina merupakan satu-satunya tumbuhan yang mengandung GLA (Gamma Liilonenic Acid) yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tlnggi, dan berbagai penyakit lainnya. GLA,dalam susu ibu membantu kesehatan bayi.
·         Zat besi Spirulina; 58 lebih kaya dari bayam, dan mudah di serap
·         Protein Spirulina, 2 kali lipat dan kacang kedelai, dan 3 kali lipat dari sapi, ikan atau telur

Daftar Pustaka
Addis Ababa. Spirulina. http://www.spirulina-benefits-health.com/what_is_spirulina.html. 2009. Diakses tanggal 19 Desember 2013, pukul 17.21 WIB.
Anonim. Spirulina. http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Spirulina. 2010. Diakses tanggal 19 Desember 2013, pukul 17.22 WIB.
M.Christwardana,M.M.A.Nur,Hadiyanto. Spirulina. http://journal.ift.or.id/files/210104%20Spirulina %20platensis%20POTENSINYA%20SEBAGAI%20PANGAN%20low%20res.pdf. 2013. Diakses tanggal 24 Desember 2013, pukul 14.00 WIB.
   

29 komentar:

  1. kalau lihat artikel ini jadi sedih, mengingatkan jawaban UAS T3R yang ternyata salah.. dan ini yng juga mau ditanya.. Spirulina sp bukannya golongan alga ya? soalnya menurut refrensi yg lala baca Klasifikasi Spirulina secara taksonomi menurut Bold dan Wyne (1978) seperti ini:
    Kingdom : Protista
    Divisi : Cyanophyta
    Kelas : Cyanophyceae
    Ordo : Nostocales
    Famili : Oscilatoriaceae
    Genus : Spirulina
    Spesies : Spirulina sp.

    BalasHapus
  2. mau nambahin manfaat spirulina jg nih ternyata Spirulina dapat berfungsi dalam penurun kolesterol (Samuels et al. 2002 diacu dalam Desmorieux 2006). jadi bagi yg kolestrol jahatnya berlebih coba berburu organisme ini..

    BalasHapus
  3. mau nambahin aja ni resti baca di http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2012/07/31/kandungan-dan-manfaat-spirulina-ganggang-penggempur-penyakit-481396.html ternyata Spirulina itu mengandung Vitamin dan mineral lengkap tentunya. Tumbuhan ini juga termausk satu-satunya yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap: B1, B2, B3, B6, dan B12. Setiap 10 g spirulina mengandung vitamin B1 (thiamin) 0,31 mg, B2 (riboflavin) 0,35 mg, B3 (niacin) 1,46 mg, B6 (pyridoxine) 80 mcg, dan B12 (cobalamine) 32 mcg.

    BalasHapus
  4. wah Subhanallah ya ayuu bakteri Spirullina ini banyak banget manfaatnya ga cuma buat manusia hewan pun juga bisa.
    walaupun Spirullina ini dikatakan sebagai bakteri serba guna tetapi mungkin ada saja efek samping dari bakteri ini yg tidak selaamnya menguntungkan. tetapi setelah membaca artikel ayu jadi tau manfaat khususunya buat manusia hehe. makasih info nya ayu :)

    BalasHapus
  5. artikelnya bagus yu, mae suka banget sekarang mae jadi tahu kalau Spirulina juga disebut sebagai “super green food” karena kandungan nutrisinya yang luar biasa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya berguna bagi manusia, spirulina juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan.

    BalasHapus
  6. Saya jadi teringat mengenai soal ulangan taksonomi tumbuhan tingkat rendah mengenai spirulina ternyata bisa menjadi bahan makanan/suplemen makanan buat para astronot yang akan menginjakan kakinya di bulan dan ternyata setelah baca artikel yang anda buat ternyata nutrisi yang dihasilkan oleh spirulina bermanfaat sekali, spirulina kan juga sebagai PST yaitu protein sel tunggal, sering dimanfaatkan sebagai suplemen makanan . Terimakasih mukhti artikel ini telah menambah pengetahuan yang sudah saya miliki :)

    BalasHapus
  7. Walaupun ga pernah sadar kalau saya juga pernah makan bakteri ini sekarang saya cuma bisa bilang Subhanallah bakteri yang kecil ini sangat banyak manfaatnya di industri pangan :) sekarang mendingan di jaga baik-baik deh tuh bakteri :D Referensi-referensi yang saya temukan sudah di paparkan oleh rekan-rekan diatas :) idem ajadeh. terimakasih uni artikelnya sangat memberi info baik untuk saya dan teman teman yang membacanya :)

    BalasHapus
  8. Setuju dengan penulis dan semua komentatot, spirulina bermanfaat untuk menyembuhkan banyak penyakit, memperlambat penuaan dini pada kulit, dan sebagi suplemen kesehetan untuk meningkatkan energi ( Umesh, B.V. Discover the amazing power of herbs : Spirulina , The Most Powerful Food on earth. New Delhi : Unicorn Books. 2002. )

    BalasHapus
  9. artikel tentang si kecil Spirulina ini sangat memberi ilmu ayuu, spirulina ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia karena adanya kandungan Phycocianin didalamnya , dalam khasiatspirulina.com . terimakasih

    BalasHapus
  10. Benar benar serba guna yah Spirulina ini. Mau nambahin aja , spirulina juga bisa mengatasi infeksi seperti menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV. sumber : http://pondokibu.com/manfaat-spirulina-bagi-anak-anak-dan-dewasa.html

    BalasHapus
  11. ternyata spirulina ini juga ada yang mengatakan ini termasuk alga, dimana Pertumbuhan populasi Spirulina
    platensis dapat ditingkatkan dengan
    penambahan Pupuk Azolla pinata (500 g Azolla
    piñata dan 2 liter aquades) menggunakan
    konsentrasi 3,5 ml dalam media kultur.


    wish u luck

    BalasHapus
  12. Sekedar info tambahan saja ternyata manfaat spirulina banyak sekali seperti 1. meningkatkan IMUNITAS.Pada penelitian terbaru terhadap SPIRULINA, terungkap bahwa SPIRULINA bisa menjadi stimulan penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Spirulina bekerja dengan meningkatkan produksi antibodi, cytokines, (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker. 2 Suplemen PROTEIN. Enam puluh dua persen SPIRULINA terdiri dari asam amino sehingga kaya akan protein dan nutrisi lain. Spirulina telah digunakan secara tradisional sebagai suplemen alami bagi orang yang tidak dapat memperoleh kalori atau protein yang cukup karena diet atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet. 3 Mengatasi ANEMIA. SPIRULINA juga dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin. Selain itu, memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh serta mengurangi efek samping terhambatnya produksi stem sel atau sel-sel penghasil sel darah. Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pembentukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.4 Anti ALERGI. SPIRULINA juga dapat melawan reksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.5 Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan antibiotik. Meskipun menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik yang disebut probiotik seperti Lactobacillus acidophilus yang terkadang menyebabkan diare. Spirulina terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan L acidophilus dan probiotik lain.6 Mengatasi INFEKSI. Spirulina memiliki kemampuan menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV. 7 Mengatasi KANKER Mulut. Dalam suatu penelitian, sebanyak 87 orang yang mengunyah tembakau dan mempunyai precancerous lesion (leukoplakia) diberikan spirulina atau plasebo secara acak. Hasilnya, lesi atau luka pada mulut pada pemakai spirulina lebih terbantu untuk sembuh daripada pemakai plasebo. 8 Mengatasi kerusakan LEVER. Spirulina dapat membantu melawan perusakan lever dan cirrhosis (gagal lever) pada hepatitis kronis.9 Mengurangi risiko KANKER. Spirulina berguna menunjang fungsi kardiovaskuler dan keseimbangan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikasi serta mengurangi risiko kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas.10 Mengurangi EFEK KEMOTERAPI. Spirulina mengurangi efek yang tidak baik dari kemoterapi, seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mual muntah, tenggorokan kering ataupun cemas

    BalasHapus
  13. Setuju dengan Ade Khairunnisa. Nah ini tuh karena perbedaan pandangan para ahli yang menemukannya atau bagaimana ya ? Jika dilihat dari sudut pandang ilmu Taksonomi, Spirulina ini termasuk ke dalam tumbuhan Thallophyta karena belum dapat diketahui secara jelas antara batang akar dan daun.
    Manfaatnya sangat banyak ya, Alhamdulillah. Nah ini juga ada lagi manfaat yang diberikan oleh spirulina, contohnya yaitu dia dapat berfungi sebagai antioksidan, anti radang dan pelindung sel otak.
    Anak rantau memang memukau ! :D

    BalasHapus
  14. Saya juga ingin menambahkan nih bahwa Spirulina juga dapat meningkatkan pertumbuhan Lactobacillus yang terdapat di dalam usus yang membantu proses pencernaan dan mempercepatkan penyembuhan luka dalam dan luar.
    oleh karena spirulina punya segudang manfaat maka ada produk suplement "Cyano Spirulina" yang bisa dibeli untuk memanfaatkannya.

    sumber : http://tokoherbal.bloginformasiteraktual.com/cara-pemesanan-cyano-spirulina/

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum ayu, ya tepat sekali jika spirulina dianggap seba guna karena mikroorganisme ini memiliki kandungan sangat kaya berupa asam amino-asam amino seperti methionin, sistein, lysin, lebih banyak jika dibandingkan dengan protein yang berasal dari telur dan susu. Alga ini juga kaya gamma-linolenic (GLA), dan juga menyediakan alpha-linolenic acid (ALA), linolenicacid (LA), stearidonic acid (SDA), eicosapentaeonic (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), and arachidonic acid (AA) 3,4. Vitamin yang terkandung di dalamnya adalah vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12, Vitamin C, Vitamin D dan Vitamin E. 2,3. Selain
    hal-hal tersebut di atas juga sebagai sumber potasium, kalsium, krom, tembaga, besi, magnesium, manganese, fosfor, selenium, sodium, dan seng . sumber repository.ui.ac.id/../b6d4f4e375d0c220a5ea341f21b5f1f312fce3cc.pdf‎

    BalasHapus
  16. Terimakasih ayu informasinya, mungkin bisa di pertegas berdasarkan pertanyaannya lala, bahwa Spirulina sp ini termasuk ke dalam alga atau bukan ? Karena untuk peranannya hampir sama ya bisa untuk bahan pangan alternatif. Apakah mungkin ada kontribusi lain antara alga dan bakteri ? Selebihnya informasi ini sangat membantu banget terimakasih ayuuu :)

    BalasHapus
  17. Multitalent sekali ya Cyanobacteri yg satu ini hhehe
    Mungkin ini bisa menambah informasi http://abuherbalbogor.blogspot.com/2013/08/khasiat-kandungan-dan-manfaat-spirulina.html
    Terima kasih :D

    BalasHapus
  18. "Despite the fact that most bacteria were classified under Monera, the bacterial phylum Cyanobacteria (the blue-green algae) was not initially classified under Monera, but under Plantae because of the ability of its members to photosynthesize."
    Ya begitulah info yang saya dapatkan dari http://en.wikipedia.org/wiki/Monera tentang, sebenarnya Cyanobacter itu tumbuhan atau bakteri. Dan sumber tersebut menyebutkan bahwa Cyanobacter bukan merupakan Monera, akan tetapi, Plantae karena anggotanya dapat melakukan fotosintesis. Tapi bukankah anggota bakteri sekalipun ada yg bisa melakukan fotosintesis juga? Ya tapi ok, saya tidak mau membahas lebih lanjut tentang spekulasi ini (ilmu saya juga belum tinggi soalnya hehe). Yg jelas asal ada referensi valid dan bisa dipertanggungjwabkan ya sah-sah saja. :)

    Yang mau saya tambahkan disini adalah kegunaan lain dari Spirulina sp. Sama seperti yang telah diungkapkan penulis, benar adanya bahwa Spirulina sp. mempunyai banyak sekali manfaat. Gak perlu jauh-jauh, saya sendiri pun pernah merasakan manfaat dari Spirulina ini. Spirulina dapat digunakan sebagai masker untuk wajah yg bisa untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat karena mengandung protein yg tinggi (kebetulan dulu saya pernah iseng coba hehe *curhat*). Jadi, caranya adalah dengan mencampur 5 kapsul Spirulina (biasanya dijual di pasaran) dengan air mineral secukupnya. Kemudian dioleskan merata di seluruh permukaan wajah. Dan tentunya, bukan saya saja yg memanfaatkan masker Spirulina ini tp sudah banyak yg mencobanya.


    http://herbalspirulina.wordpress.com/

    BalasHapus
  19. selain memberikan keuntungan dibidang kesehatan spirulina juga bermanfaat dalam bidang perikanan loh yu,dari yang ulan baca Menurut Prof Nyoman Kabinwa, periset spirulina,Lima manfaat spirulina untuk kesehatan ikan adalah sebagai berikut: 1. Spirulina mengandung vitamin dan mineral. 2. Spirulina kaya akan muco protein baik untuk kesehatan kulit. 3. Kandungan phycocyanin yang dapat mengurangi obesitas dan membuat ikan menjadi lebih sehat. 4. Kandungan asam lemak yang berguna untuk pertumbuhan organ. 5. Spirulina mengandung zat pewarna natural seperti carotenoids. Dengan memberi spirulina, ikan tropis akan menjadi lebih indah, sehat, dan dapat hidup lebih lama.

    BalasHapus
  20. Saya hanya ingin berbagi cerita saja bahwa memang benar sekali spirulina sp ini memiliki banyak manfaat ketika adik saya dirawat di rumah sakit dalam kondisi trombosit yang rendah saat itu dokter memberikan suplemen dan ketika saya baca komposisinya ternyata dari ekstrak spirulina sp dan mohon untuk penulis dipertegas kembali menanggapi pertanyaan pertanyaan yang muncul apakah spirulina termasuk ke dalam monera atau plantae, terima kasih

    BalasHapus
  21. Setuju sm pendapat yg lain,spirullina memang banyak sekali manfaatnya,lihat di http://spirulinauntukkesehatan.blogspot.com/2012/04/10-manfaat-spirulina-sebagai-super.html Spirulina mengandung zat-zat untuk perawatan kulit yang bersifat melembabkan dan mengencangkan. Kandungan yang terdapat dalam spirulina juga memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi inflamasi seperti arthritis.

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum..
    setelah membaca artikel ini serta beberapa tambahan dari teman2, jadi saya dapat menyimpulkan ternyata bakteri ini mempunyai banyak manfaat ya disamping kerugiannya.. bagus artikelnya menambah pengetahuan bagi para pembacanya :)
    Thanks (y)

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum ayu, artikelnya menarik dan lengkap.
    Saya setuju dengan judul artikel anda yang mengatakan bahwa Spirulina itu serbaguna.
    Menurut referensi yang saya baca http://manfaatspirulina.com/kegunaan-spirulina/, salah satu manfaat dari spirulina ini karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Warna hijau pada Spirulina kandungan pigem klorofil, sedangkan warna birunya berasal dari pigmen fikosianin.
    Dari berbagai riset yang telah dilakukan, kegunaan Spirulina dapat dapat dipakai untuk menanggulangi malnutrisi, kolesterol, mengurangi resiko terserang penyakit kanker dan jantung, membangun sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko keracunan ginjal, menambah daya serap usu terhadap mineral dll.
    Woow.. Banyak sekali ya ternyata ? Haha

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  24. Assalamuyalaikum Uni , setelah saya memebaca artikel ini saya tertarik dengan kalimat "Beta-karoten: Anti oksidan alami untuk melawan kanker, sakit jantung, HIV, virus, bakteri, serta meningkatkan daya imun (pertahanan tubuh)." ternyata bakteri Spirulina juga bisa menjadi anti oksidan alami dalam melawan HIV! info dalam artikel ini sangat penting dan menambah pengetahuan saya tentang Jenisa bakteri dalam Medis ,Terimakasih

    BalasHapus
  25. uni ayuuu aku mau kasih invo nih tadi tuh niatnya mau tau kok bisa sih spirulina mencegah HIV eh ternyata aku gak nemu" eh malah aku nemu ada obat eh tapi bukan obat kaya suplemen gitu mungkin kali yah. nah ini terbuat dari spirulina hmm mungkin ada yang tertarik liat nih http://www.luxor.co.id/produk-spirulina.htm hehehee ada beberapa manfaatnya dicantumin juga

    BalasHapus
  26. Setelah saya membaca artikel ini, saya bisa menyimpulkan bakteri Spirulina merupakan bakteri “super green food” karena kandungan nutrisinya yang luar biasa ini sangat bermanfaat untuk bahan produk kesehatan dan kecantikan.
    Saya mendapat informasi baru, dari komentar egi ramadah.. ternyata Spirulina ini bisa menjalin hubungan dengan bakteri lactobacillus.. hubungan ini disebut interaksi mikroba non simbiosis secara sinergisme, yakni dapat meningkatkan pertumbuhan Lactobacillus yang terdapat di dalam usus, membantu proses pencernaan dan mempercepatkan penyembuhan luka dalam dan luar.

    BalasHapus
  27. disebutkan dalam artikel "Spirulina merupakan satu-satunya tumbuhan yang mengandung GLA (Gamma Liilonenic Acid)" nah,, saya jadi bingung. bakteri tapi disebut tumbuhan??? mohon bantuanya. :)

    BalasHapus
  28. Asalamualaikum bu ayu n. artikelnya bagus yu cukup lengkap cuma kurang gambar biar lebih jelas :). setelah baca artikelnya manggut-manggut ni, ternyata cukup banyak juga ya manfaatnya, setuju deh sama judul artikel kamu :). trimakasih ya bu artikelnya menambah pengetahuan saya tentang Spirulina

    BalasHapus
  29. Terimakasih uni aslab dan teman-teman yang telah berkomentar karena menambah wawasan saya tentang spirulina. hebat sekali spirulina ini memiliki banyak kegunaan dibidang kesehatan. mungkin pada HIV bakteri ini tidak dapat menyembuhkannya hanya melawan virusnya.

    BalasHapus